Barkati Berpesan, Bubuhan Banjar Ikut Berkontribusi Dalam Pembangunan Lewat Festival Aruh Ganal Budaya Banjar

https://www.barkatisamarinda.com/2020/03/barkati-berpesan-bubuhan-banjar-ikut.html
Barkati Berpesan, Bubuhan Banjar Ikut Berkontribusi Dalam Pembangunan Lewat Festival Aruh Ganal Budaya Banjar

Barkati Berpesan, Bubuhan Banjar Ikut Berkontribusi Dalam Pembangunan Lewat Festival Aruh Ganal Budaya Banjar

Tanggal 14 Maret 2020

SAMARINDA. Festival Aruh Ganal Budaya Banjar resmi dibuka Gubernur Kaltim Isran Noor, semalam (13/03). Berlangsung di lapangan Parkir GOR Segiri Samarinda, Festival ini dimeriahkan berbagai kesenian asal Kalimantan Selatan.

Hadir dalam pembukaannya, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Wakil Walikota Samarinda M Barkati, Bupati Kutai Timur yang juga menjabat sebagai Ketua Keluarga Kerukunan Banjar Kalimantan Timur (KKBKT) Ismunandar dan Sekretaris Provinsi Kalimantan Selatan Abdullah Haris.

Aruh Ganal sendiri berlangsung selama 3 hari dan akan berakhir pada Minggu (15/03) nanti. Dalam festival kali ini diikuti oleh 12 pengurus Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) dari Indonesia hingga Malaysia.

“Tujuan pelaksanaan acara ini untuk melestarikan budaya Banjar yang sudah tersebar di seluruh Indonesia,” tutur Hamdani selaku Ketua Panitia Aruh Ganal dalam laporannya.

Gubernur Kaltim, Isran Noor dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada pihak penyelenggara yang telah melaksanakan Festival Aruh Ganal termeriah di Samarinda. Dia menganggap Aruh Ganal Budaya Banjar asal Kalimantan Selatan sebagai warisan leluhur yang perlu untuk dilestarikan.

“Saya harap lewat acara ini antara warga Banjar dan suku lainnya bisa saling mempererat tali silaturahmi dan bisa saling sambung dengan budaya yang lainnya, serta ikut berperan dalam ikut menjaga dan mensukseskan Kaltim sebagai Ibu Kota Negara,” pesan Gubernur.

Terpisah Wakil Walikota Samarinda, M Barkati menyampaikan agar warga Samarinda bisa ikut memeriahkan pelaksanaan Festival Aruh Ganal. Karena selain acara hiburan, juga banyak acara sosial yang tersaji dalam pagelaran Aru Ganal yang berlangsung selama 3 hari di GOR Segiri.

“Apalagi disini banyak saudara-saudara kita pelaku Usaha Kecil Menengah yang berjualan, setidaknya mengisi waktu libur akhir pekan bisa main-main kesini untuk berbelanja,” kata Wawali.

Tak itu saja, ia juga berharap kepada pengurus KKBKT Samarinda dan Kaltim melalui Festival Aruh Ganal setidaknya bubuhan Banjar harus mengambil bagian dalam mensukseskan dan berkontribusi dalam pembagunan di Samarinda.

“Terpenting ikut menjaga ketertiban dan keamanan di Kota Tepian, jelang Pemilihan Kepala Daerah,” pintanya. (KMF5)

Penulis: Ahmad Haidir —Editor: Doni

image host image host image host image host image host image host image host image host image host

https://www.facebook.com/barkatisamarinda.info

Tinggalkan Balasan