Barkati: RT Tolong Sampaikan Ke Warga

*Dua Hari, Sosialisasi Panggilan Darurat 112 dan Panic Button Di 4 Kecamatan
SAMARINDA. Setelah sehari sebelumnya dilakukan Sosialisasi Panic Button dan Panggilan Darurat 112 di Kecamatan Samarinda Utara dan Sungai Pinang, Selasa (10/12) giliran Kecamatan Samarinda Ilir dan Sambutan  dengan peserta Ketua RT setempat.

“Adanya sosialisasi ini agar semua warga Kota Tepian mengetahui apa itu Panic Button dan Panggilan  Darurat 112,” ucap Wakil Walikota Samarinda, Muhammad Barkati dalam sambutannya pada sosialisasi garapan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Samarinda.

Barkati mengatakan panggilan darurat 112 ini bukan hanya untuk pemberitahuan bencana kebakaran saja, tetapi juga bisa membantu warga yang membutuhkan ambulans dan sebagainya, termasuk bila ada warga kesulitan mengevakuasi binatang, serta hal mencurigakan yang dapat menimbulkan resiko atau bahaya. 

“Warga dapat langsung menghubungi Panggilan Darurat 112,“ terang Barkati.

Oleh karena itu lanjutnya, dengan adanya panggilan darurat 112 ini memudahkan warga Samarinda untuk melaporkan kejadian-kejadian darurat yang terjadi di sekitarnya agar mendapatkan penanganan secepatnya oleh satuan terkait.

Barkati berharap agar Sosialisasi Panic Button dan Panggilan Darurat 112 ini dapat disampaikan oleh Ketua  Rukun Tetangga (RT) kepada warga agar semua warga mengetahui keberadaan panggilan 112 ini.

Kepala Dinas Kominfo Kota Samarinda, Aji Syarif Hidayatullah mengatakan dengan diadakannya sosialisasi tersebut memudahkan melayani warga Samarinda dalam keadaan darurat seperti bencana kebakaran, keamanan, pertolongan medis, serta pelayanan yang lainnya.

Dayat sapaan akrab Aji Syarif Hidayatullah juga menyampaikan dalam waktu 1 bulan setelah launchingnya Panic Button dan Panggilan Darurat 112 oleh Walikota Samarinda Syaharie Jaang pada Oktober lalu, ada lebih kurang 58.131 panggilan yang masuk.

Dia menjelaskan kategori panggilan yang telah ditangani antara lain kesehatan atau permintaan  ambulan, kepolisian, kebakaran, PDAM dan Perhubungan, yang meliputi permasalahan narkoba, perkelahian, kemacetan, kebakaran, pipa PDAM yang pecah, gardu PLN  yang terbakar dan lainnya.

Sementara Camat Samarinda Ilir, Ramdani sangat berterima kasih dengan adanya sosialisasi Panic Button dan Panggilan Darurat 112 ini sangat membatu warganya yang ingin melaporkan bila ada kejadian-kajadian yang dianggap darurat di lingkungan Kecamatan Samarinda Ilir dan sekitarnya. (kmf10)

 Penulis: Eko –Editor: doni

Siaran Pers No.897/KM/KOMINFO/XII/2019
Tanggal 11 Desember 2019

https://www.facebook.com/barkatisamarinda.info

Tinggalkan Balasan