Hadiri Natal Bersama, Wawali Tegaskan Semua Warga Berhak Sama

SAMARINDA. Wakil Walikota Samarinda, M Barkati menegaskan jika semua warga memiliki hak yang sama untuk mendapatkan perhatian Pemerintah. Bahkan upaya untuk memberikan perhatian yang merata dan tanpa membedakan hal yang bersifat sektarian itu juga merupakan bagian dari komitmen Pemkot Samarinda.

Demikian diungkapkan Barkati dalam sambutan kala menghadiri acara Natal Bersama Paguyuban Rumah Flobamora Kaltim di Gedung Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kaltim, Sabtu (18/1) malam.

Menurutnya, semua warga Samarinda dari manapun asal suku dan agamanya memiliki kedudukan yang sama tanpa pembedaan. Bahkan kebersamaan itu sudah lama terjalin dengan baik hingga saat ini.

“Kita semua bersaudara. Kebetulan saja latar belakang suku dan agama yang mungkin berbeda, tapi kita semua memang sama-sama warga Samarinda. Mari bersama kita jaga kebersamaan ini demi menunjang kemajuan pembangunan di Kota Samarinda,” ajak Barkati.

Sementara Ketua Umum Rumah Flobamora Kaltim, Yakobus Beribe menyebut kegiatan ini terbentuk atas inisiatif bersama segenap warga yang memiliki garis keturunan dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Flobamora merupakan akronim dari Flores, Sumba, Timor, Alor, sebagai empat gugus pulau besar yang membentuk Provinsi NTT.

Sebelum Natal Bersama ini, beberapa bulan lalu juga mereka telah menyelenggarakan acara Halal Bihalal di Gedung Taman Budaya Kaltim. Di tempat yang sama Sekretaris Daerah Provinsi NTT, Ben Polo Maing yang merupakan utusan resmi dari Pemprov NTT menyatakan kebanggannya atas kegiatan Natal yang dihadiri segenap tokoh Kaltim tersebut. Hal ini menurutnya membuktikan selama ini warga Kaltim asal NTT yang tergabung dalam Rumah Flobamora diakui keberadaannya.

“Saya menyebutnya bukan sebagai warga NTT di Kaltim, tapi warga Kaltim asal NTT. Bapak ibu sekalian tidak perlu berkecil hati karena tidak bisa membangun NTT secara langsung. Karena ketika bisa hidup dan menjadi warga Kaltim yang baik dengan mendidik dan membesarkan anggota kelurga disini, itu juga kami anggap sebagai bagian dari membangun NTT. Jadi, hiduplah sebagai warga yang baik dan menjadi berkat bagi oang-orang sekitar,” pesan Ben Polo.

Selain dihadiri Sekda NTT dan Wawali Samarinda, ada pula Wakil Ketua DPRD Kaltim Andi Harun, perwakilan Pemprov Kaltim, serta sejumlah tokoh Kaltim lainnya. Bahkan menariknya, para tokoh itu terlihat begitu akrab dan membaur bersama warga Flobamora. Tak hanya sekadar foto dan swafoto bersama warga. Mereka juga terlihat tidak sungkan dengan ikut menari bersama warga lainnya. (KMF3)

Penulis: Herman —Editor: Doni

https://www.facebook.com/barkatisamarinda.info

Tinggalkan Balasan