Mengenal Pribadi Barkati Yang Rendah Hati – Bagian 2

Mengenal Pribadi Barkati Yang Rendah Hati – Bagian 2

Kehadiran pak Barkati sebagai tokoh politik dan tokoh pemerintahan tentu sangat mengejutkan banyak pihak, terutama mereka yang selama ini menganggap remeh sosok putera asli Samarinda ini. Pak Barkati yang mulanya tidak ‘dihitung’ oleh sebagian tokoh, tiba-tiba karir politiknya melejit dan ia membuat dunia politik Kalimantan Timur menjadi heboh bahkan terheran-heran. “Jangankan orang lain, sayapun juga nggak percaya,” ujar pak Barkati dengan nada bercanda di sebuah perbincangan dengan admin “Dingsanak Barkati”.

Tentu apa yang disampaikan pak Barkati ini hanya bahasa merendah dari seorang yang berjiwa tawadhu’. Sikap yang menunjukan betapa ia bukan sosok yang angkuh dan sombong. Selama ini ia memang tak senang menampilkan diri, sehingga tak banyak orang yang tahu kiprah beliau. Padahal sejak lama ia mengabdi kepada masyarakat Samarinda baik melalui ormas maupun sebagai PNS. Hal unik tentunya, ketika pak Barkati karena tuntutan administrasi membuka identitas beliau yang seorang pejabat saat akan mencalonkan diri sebagai wakil walikota menggantikan almarhum Nusyirwan, barulah orang tahu bahwa Beliau pejabat PNS.

Bukan hanya masyarakat umum, bahkan teman pak Barkati sendiri banyak yang terkejut. Sampai-sampai ada yang berkata: “Kapan Barkati masuk kerja, kok kita nggak tahu beliau itu PNS?” Kesan yang timbul dari ungkapan ini seolah pak Barkati itu tidak pernah masuk bekerja sehingga orang tak tahu kalau beliau PNS apalagi pejabat. Namun bagaimanakah faktanya? Berdasarkan penelusuran kami saat berbincang dengan para mantan teman kerja beliau, justeru pak Barkati adalah seorang yang sangat disiplin dalam bekerja. Bisa dibilang beliau itu masuk paling awal dan pulang kerja paling belakangan.

Lalu mengapa banyak orang yang tak tahu kalau beliau seorang pejabat PNS? Ternyata karena selama ini penampilan beliau yang terbiasa sederhana dan tak menonjolkan diri sebagai aparat pemerintah. Beliau lebih banyak bergaul dengan kalangan umum sehingga sempat disangka oleh banyak orang sebagai preman. Dan dengan dugaan yang terkesan negatip bahkan cenderung meremehkan inilah akhirnya banyak orang yang terkejut saat melihat fakta karya-karya Barkati yang ternyata sangat banyak serta nyata di tengah masyarakat. Siapapun pasti tahu tahu bahwa saat maju dalam pemilihan wakil walikota dengan melepas jabatan dan stastus PNS tentu tak mungkin akan dilakukan beliau bila tak ada keyakinan akan menang. Beliau pasti sudah menghitung dengan matang dan teliti akan apa yang dijalaninya.

Tapi itulah pak Barkati, ketika beliau mencapai suatu keberhasilan, masih saja rendah hati dan tidak sok hebat. Bagi beliau kehebatan itu adalah saat bisa mensyukuri keberhasilan dengan menjadikannya sarana untuk berbuat baik. Maka, ketika saat ini beliau membulatkan tekad untuk maju dalam pemilihan walikota Samarinda mendatang, pastilah beliau sudah berhitung dengan matang. Beliau tentu sudah melihat bagaimana dukungan masyarakat Samarinda kepadanya. Kami, relawan Dingsanak Barkati tentu tidak akan setengah hati mendukung beliau. Bukan sekedar ikut-ikutan atau karena fanatisme kedaerahan, namun karena memang kualitas dan kemampuan beliau sebagai pemimpin masa depan.

Beliau diterima oleh semua golongan karena memang beliau selama ini juga tak pernah membeda-bedakan. Beliau selalu menjaga hubungan baik dengan semua lapisan masyarakat. Walhasil dukungan datang bukan hanya dari warga asli samarinda tapi dari masyarakat dengan berbagai suku, ras, dan agama. Barkati memang sosok pemersatu. Sebagai orang Banjar beliau adalah pemuda Banjar yang sangat besar pengabdiannya pada adat dan suku. Sebagai orang Islam beliau adalah muslim yang taat dan moderat. Dan sebagai anak bangsa beliau sangat nasionalis serta pengayom pada semua kalangan. Sungguh perpaduan sifat yang lengkap dalam diri seorang Barkati, yang sangat dibutuhkan buat memimpin Samarinda yang majemuk ini. Kota dengan komposisi penduduk yang terdiri dari beraneka ragam suku dan agama namun hidup berdampingan dengan damai. Wallahu a’lam

#BarkatiSamarinda
#KabarBarkati
#RelawanBarkatiSamarinda
#BarkatiUrangSamarinda
#2020_2025TetapBarkati

Sumber Page Dingsanak Barkati

Tinggalkan Balasan